Piala AFF U-19 2024, Timnas U19 Indonesia Lolos ke Final Setelah Mengalahkan Malaysia

” Satu-satunya gol kemenangan Garuda Muda tercipta berkat sepakan Muhammad Alfharezzi Buffon (78′).”

JAKARTA, BaktiOne news.com –
Laga Indonesia vs Malaysia yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/7/2024) malam WIB, berakhir dengan skor 1-0.

Satu-satunya gol kemenangan Garuda Muda tercipta berkat sepakan Muhammad Alfharezzi Buffon (78′). Timnas U19 Indonesia selanjutnya akan melawan Thailand yang lolos ke final juga dengan bekal kemenangan 1-0 atas Australia.

Indonesia hampir mencetak gol cepat pada menit ketiga, diawali lemparan ke dalam Muhammad Mufli Hidayat.

Bola kemudian disambut sundulan Arkhan Kaka, tetapi si kulit bulat melebar tipis dan cuma mengenai jaring luar gawang. Menit keenam, Malaysia juga menciptakan peluang.

Kiper Indonesia, Ikram Algiffari, sukses meninju bola, tetapi si kulit bulat jatuh di kaki pemain Malaysia lainnya yang berdiri di luar kotak. Beruntung bagi Indonesia, bola masih bisa diblok Dony Tri Pamungkas. Malaysia beberapa kali mengancam pertahanan Garuda Muda.

Namun, mereka juga belum berhasil menjebol gawang Indonesia. Sebaliknya, Indonesia tampak kesulitan masuk ke lini pertahanan Malaysia. Tim asuhan Indra Sjafri itu punya peluang lewat open play pada menit ke-30. Sebuah kerja sama membuat mereka berada di kotak penalti lawan, tetapi bola berhasil dibuang pemain Malaysia.

Tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim pada sisa menit babak pertama. Laga Indonesia vs Malaysia masih 0-0. Peluang emas datang bagi Garuda Muda pada menit ke-63 lewat tendangan Dony di depan gawang Malaysia. Namun, tembakannya bisa diblok dan menghasilkan sepak pojok.

Upaya Indonesia mencetak gol belum berhasil karena bola dengan mudah ditangkap kiper Malaysia, Muhammad Haziq. Indonesia terus menekan dan kembali menghasilkan peluang lewat Welber Jardim pada menit ke-74.

Namun, tendangannya masih melambung di atas mistar. Begitu juga dengan kesempatan yang dimiliki Tony Firmansyah. Pemain yang baru masuk pada menit ke-74 itu nyaris mencetak gol andai tembakannya tidak terlalu tinggi.

Indonesia memecah kebuntuan pada menit ke-78. Iqbal Gwijangge menyambar bola liar di dalam kotak penalti, tetapi tendangannya membentur pemain Malaysia.

Si kulit bulat memantul ke Muhammad Alfharezzi Buffon yang tendangannya sempat menerpa tiang dan mengenai kiper Malaysia, sebelum masuk ke gawang.

Indonesia nyaris mencetak gol kedua pada injury time. Namun, Arlyansyah yang dikawal tiga pemain lawan kesulitan menemukan ruang tembak. Pertandingan pun akhirnya berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia.

Susunan pemain Indonesia vs Malaysia

Indonesia (3-5-2): 1-Ikram, 5-Alfharezzi, 4-Kadek, 21-Iqbal, 17-Mufli, 7-Figo (11-Afrisal 46′), 12-Welber, 10-Kafiatur (18-Toni 74′), 16-Dony, 6-Kaka (20-Arlyansyah 46′), 9-Raven.

Malaysia (4-4-2): 23-Haziq, 19-Zachary, 21-Ariff, 2-Ridzwan, 5-Shafizan, 8-Muhammad, 6-Danish, 9-Izzat, 10-Haykal, 14-Naim, 11-Pavithran. (***).

Array
Related posts
Tutup
Tutup