Pemerintah Desa Pincara Anggarkan Satu Unit Alat Pemadam Kebakaran Ringan (Alpar), Sumber Anggaran Dana Desa Tahun 2024 

PINRANG, BaktiOne news.com –

Kegiatan pelatihan penanggulangan bencana yang diikuti oleh Satgas Mitigasi Bencana Desa Pincara dengan menghadirkan pemateri serta pelatiahn praktek dari Satuan Pemadam Kebakarang ( Damkar), Kabupaten Pinrang dan Tagana Dinas Sosial Kabupaten Pinrang, kegiatan ini dilakukan oleh Pemeritah Desa Pincara Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang yang bertempat di Kantor Desa Pincara, Rabu (18/9).

Pada kesempatan tersebut, Camat Patampanua, Ashar Asnuddin menyampaikan agar kedepan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan di Desa-Desa lain agar bisa mengantisipasi keadaan darurat, seperti bencana kebakaran.

“Kegiatan ini, tentunya sangat kami apresiasi, karena kegiatan ini baru pertama kali di laksanakan di Pemerintah Desa khususnya di Kecamatan Patampanua dan tidak menutup kemungkinan di Kecamatan lain juga diadakanhal seperti ini.”

Kami berharap kedepannya, kegiatan ini dapat dilaksanakan di Desa dan Kelurahan, bilamana ada pos anggaran yang bisa bekup, karena kegiatan pelatihan harus didukung dengan sarana prasarana seperti alat Pemadam kebakaran,” ucap Ashar mantan Kabid Humas dan Publikasi Dinas Kominfosandi Kabupaten Pinrang.

Pengadaan alat pemadam kebakaran dari Pemerintah Desa Pincara lanjutnya, tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, seperti motor tiga roda yang bisa menjangkau jalan sempit, mengingat Desa Pincara jauh dari Kantor Damkar yang berada di pusat Kota Pinrang dan UPTD Damkar yang ada di Kecamatan Duampanua, Pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Pincara Roni Hakim, yang ditemui media online menyampaikan, bahwa kegiatan pelatihan penanggulangan bencana ini kami khususkan untuk pelatihan penanggulangan bencana kebakaran, mengingat setiap tahunnya itu kita dilanda kemarau yang tentunya berpotensi terjadinya bencana kebakaran.

“Untuk mengantisipasi penanggulangan bencana kebakaran, Inovasi Pemerintah Desa Pincara di tahun 2024, menganggarkan satu Unit
Alat Pemadam Kebakaran Ringan (Alpar) berupa Sepeda Motor tiga roda yang dilengkapi dengan tangki untuk menampung air dan alat pemadam kebakaran lainnya yang dananya bersumber dari Anggaran Desa Tahun 2024,” Jelasnya.

Ditambahkannya, untuk mengasah skil dari para Linmas dan masyarakat yang kami pungsikan untuk penanggulangan bencana di Desa Pincara dengan nama, “Satgas Mitigasi Bencana”, kami laksanakan kegiatan pelatihan untuk mengasah skil dan meningkatkan pengetahuan penanggulangan bencana, terkhusus bencana kebakaran, pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri, Camat Patampanua Ashar Asnuddin, S.Stp, Sekcam, Kepala Desa Pincara, Roni Hakim, S.Pd.,M.Si, dan staff desa Pincara, Para Toko Masyarakat Desa Pincara serta undangan lainnya.(Man). 

 

Array
Related posts
Tutup
Tutup